Menjadi Manusia Saja Belum Pantas

Aku ini berbeda
Aku tak sama sepertimu
Namun kamu juga berbeda
Karena kamu tak sepertiku
Jika aku dan kamu sama
Lalu apa bedanya aku denganmu?
Kita dan mereka berbeda
Kita tak sama dengan mereka
Mereka pun tak sama dengan kita
Jika kita dan mereka sama
Lalu apa bedanya kita dengan mereka?
Ah tidak.
sepertinya aku salah...
Kamu dan aku sama
Kita dan mereka sama
Sama-sama manusia
Jika sama-sama manusia, mengapa tak serasa?
Saat yang lain berduka, mengapa yang lain tak menangis?
Saat yang lain tertindas, mengapa yang lain tak melawan?
Saat yang lain tak mendapat keadilan, mengapa yang lain berpesta diatas ketidakadilan?
Apakah kau yakin kita semua manusia?
Bergeraklah! bergegaslah! melawanlah!
Sekedar untuk memantaskan diri sebagai manusia

Batu, 31 Juli 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Ketidakadilan Gender Terhadap Perempuan

Mengapa aku menulis?

School From Home, Efektifkah?