Ketidaksempuraan

Orang-orang sering berkeluh kesah
Tentang ketidaksempurnaan diri ini
Kekeliruan yang terus berulang
Padahal aku selalu mencoba
Mengaminkan setiap yang mereka minta

Katanya aku tak boleh begini
Katanya harus menjadi begitu

Tapi...
Aku lelah
Lelah dituntut untuk sempurna
Lelah berusaha keras agar terlihat sempurna
Tak boleh ada cacat, sedikitpun
Hatiku terluka

Mengapa harus sempurna?
Mengapa tidak boleh berbuat salah sedikit?
Mengapa tidak boleh punya kekurangan?

Mengapa tidak memilih memaklumi?
Mengapa tidak berusaha menerima apa adanya?
Mengapa tak boleh hidup dalam ketidaksempurnaan?

Aku hanya bisa mengusahakan yang terbaik, bukan yang sempurna

Dengan penuh kesadaran diri
Segala ketidaksempurnaan ini membuatku menjadi manusia





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Ketidakadilan Gender Terhadap Perempuan

Mengapa aku menulis?

School From Home, Efektifkah?