Sambil Menyelam Minum Kopi


Sambil menyelam minum air mungkin sudah biasa terdengar di telinga. Mengerjakan dua hal sekaligus dalam waktu yang bersamaan mungkin terlihat produktif untuk dilakukan. Tapi apakah benar begitu? 

Di era modern dengan segala tuntutannya memang mengharuskan semua orang untuk bisa melakukan ini-itu. Apalagi saat kita sudah dihadapkan dengan dunia kerja. Yang awalnya memang bukan skill kita, bukan passion kita, tidak sesuai bakat minat kita pun akhirnya.. "yasudahlah gasss aja asal ada cuannya" hehe.

Tapi jika dipikir-pikir manusia modern memang sangat luar biasa ya, di tengah persaingan dunia kerja yang makin ketat, kemajuan teknologi yang begitu pesat, kita dituntut untuk menjadi manusia multitasking yang tahan banting dan adaptif. Terutama untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak kita sukai

Oleh karena itu, untuk kesekian kalinya saya mengganti motto hidup saya, "Sambil Menyelam Minum Kopi" Mengapa begitu? Begini filosofi versi saya. 

Pada suatu waktu ketika saya SMA, saya sangat menyukai bidang biologi. Saya bercita-cita menjadi peneliti di bidang rekayasa genetika dan hingga saat ini pun saya sudah menjadi sarjana biologi. Mimpi itu pun tak pupus dan saya masih bercita-cita meraih gelar magister di jurusan tersebut. Tapi karena keaadaan, saya memang harus banting setir menerima kenyataan bahwa pekerjaan saya saat ini adalah staf marketing. Jika ditanya bagaimana prosesnya? Sungguh saya memulainya dari nol. 

Karena marketing memang bukan bidang saya sukai (karena saya tidak terlalu suka berinteraksi dengan banyak orang), saya mengibaratkannya seperti istilah "menyelam". Jadi saya sudah terlanjur basah, saya harus berenang sampai dasarnya. Supaya saya bisa melakukan pekerjaan saya dengan baik dan memuaskan. "Love what you do" kata anak muda jaman sekarang

Tetapi di sisi lain, saya masih ingin mengembangkan berbagai hobi saya yaitu menggambar, menulis dan tentunya belajar biologi hehe. Jadi saya memutuskan untuk membuka jasa ilustrasi digital dengan karya saya yang bisa dikatakan pas-pasan. Untuk biologinya, agar ilmu ini tidak sia-sia, saya memutuskan membuka jasa bimbingan belajar privat SD-SMA di bidang tersebut.

Selain itu saya juga suka menulis dan memang ingin sekali bisa menulis. Jadi saya juga memutuskan membuka jasa copywriting. 

Nah 3 hal inilah yang saya sebut sebagai minum kopi. Kenapa begitu?, Karena minum kopi adalah kegiatan santai yang terasa nikmat jika dijalani. Kita hanya perlu meluangkan waktu dan tidak perlu effort lebih untuk mengerjakan hal itu. Tidak ada beban terasa karena saya senang mengerjakannya.

Terlebih saat hobi bisa dibuat untuk mencari cuan, rasanya seperti sedang bersenang-senang tapi dapat bonus. Begitulah kurang lebih. Memang jika dibandingkan dengan rasa lelah saya setiap hari (karena ulah saya sendiri) memang pendapatan yang di dapat tidak seberapa dan tidak menentu. Tapi saya bahagia menjalaninya, saya bahagia disaat saya bisa mengeksplorasi diri dan menekuni hobi saya di sela-sela rasa jenuh. Saya bahagia saat kemampuan saya yang tidak seberapa ini bisa bermanfaat untuk orang lain

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Ketidakadilan Gender Terhadap Perempuan

Mengapa aku menulis?

School From Home, Efektifkah?